Skip to content

Sunscreen wajah, apa manfaatnya dan alasan harus digunakan setiap hari

Written by

asodao13asf

Sunscreen wajah, apa manfaatnya dan alasan harus digunakan setiap hari

Sunscreen atau tabir surya merupakan produk yang sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa penggunaan sunscreen hanya diperlukan saat berada di pantai atau saat cuaca sangat terik. Padahal, penggunaan sunscreen seharusnya menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

Manfaat sunscreen untuk wajah sangatlah banyak. Yang pertama tentu saja adalah melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, bahkan kanker kulit. Sinar UV terdiri dari dua jenis, yaitu UVA dan UVB. UVA dapat menyebabkan penuaan kulit dan kerusakan sel kulit dalam jangka panjang, sedangkan UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan risiko kanker kulit.

Selain melindungi dari sinar UV, sunscreen juga dapat membantu mencegah hiperpigmentasi atau bintik hitam pada kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini sangat penting karena hiperpigmentasi dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat.

Alasan lain mengapa kita harus menggunakan sunscreen setiap hari adalah karena paparan sinar matahari tidak hanya terjadi saat cuaca cerah. Sinar UV masih tetap ada meskipun cuaca mendung atau saat berada di dalam ruangan. Sinar UV dapat menembus awan dan kaca, sehingga tetap dapat merusak kulit meskipun kita berada di dalam ruangan.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen seharusnya menjadi kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari, terlepas dari kondisi cuaca. Pilihlah sunscreen yang memiliki SPF minimal 30 dan PA+++ untuk melindungi kulit dengan baik. Gunakan sunscreen sebelum pergi ke luar ruangan dan aplikasikan kembali setiap 2-3 jam sekali untuk menjaga perlindungan kulit.

Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kita dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kulit tetap sehat dan cantik. Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian Anda.

Previous article

Menikmati eksotisme Pulau Komodo dan Pulau Padar NTT

Next article

Novo Nordisk tanda tangani MoU dengan Bio Farma produksi obat diabetes